Tema : Seribu Kisah Blogger Syar'i yang tetap Cool

ALHAMDULILLAH

Hasil gambar untuk al quran

Ternyata, Ilmu itu gak bakal pernah habis dan harus terus diperdalam ya? Saya kira dengan saya sudah berhijab seperti sekarang itu udah mengikuti perintah Allah dengan menutup aurat. Tapi ternyata saya terlalu percaya diri dengan ilmu saya yang hanya secuil dari Ilmu Agama yang seluas samudera. Hijab wanita itu seperti sekat yang ada di masjid untuk memisahkan kaum adam dan kaum hawa, dan fungsi nyatanya memang begitu. Agar kaum adam tidak tergoda dengan apa yang dikenakan kaum hawa. Usia yang masih belia bagi saya ini, masih membuat iman saya naik turun, mungkin tidak sekuat mereka yang sudah menginjak kepala dua atau lebih. Saya sendiri masih sering memakai celana (walaupun bukan jeans ketat) dan sering mengenakan hijab yang tidak terlalu lebar. Ternyata benar yang dikatakan orang-orang perihal istiqomah. Satu kata yang mudah diucapkan, namun cukup sulit dilalui. 

Sejak kecil, saya bukanlah perempuan yang hidup di kalangan orang-orang berhijab. Bahkan hingga kelas 5 SD saya belum memakai hijab. Paling-paling pas Idul Fitri dan Idul Adha. Itu pun perlu paksaan dari ibu. Karena saya sendiri dahulu malas memakai hijab karena bakal kegerahan. Maklum anak kecil, hiperaktif.

Hasil gambar untuk anak sd berhijab
SD

Namun, menginjak kelas 6 SD, ibu menyarankan saya untuk mengenakan hijab. Berawal dari paksaan, saya pun menyanggupi saran dari ibu. Saat itu, di kelas saya hanya ada 8 anak yang memakai hijab, sisanya tidak. Lambat laun, saya mulai terbiasa memakai hijab. Waktu terus berjalan, dan saya dan keluarga harus mulai beradaptasi lagi dengan lingkungan baru karena saya dan keluarga harus menghuni rumah baru kami. Saat pindahan tersebut, saya sudah lulus SD dan melanjutkan SMP di daerah dekat rumah kami. Saya masih memakai hijab diantara teman-teman saya yang belum memakai hijab. Saya masih tetap berhijab hingga kelulusan SMP, karena ada aturan yang mewajibkan seluruh siswa muslim memakai hijab dengan hijab yang sudah ditentukan oleh sekolah. Tetapi, di masa SMP ini, saya masih belum bisa berhijab syar’i. Mungkin karena pengaruh lingkungan, saya pun masih sering lepas-pasang hijab dan masih sering memakai celana jeans yang cukup ketat.

Hasil gambar untuk anak sma hijab syari
SMP

Hingga memasuki SMA, saya masih belum mendapat hidayah untuk berhijab syar’i. Saya masih sering memakai celana, dan berhijab pendek. Namun, saat kenaikan kelas 11, saya mengikuti pengajian dan membuka hati saya untuk lebih menutup aurat. Selain itu, saya juga sering membuka akun-akun instagram tentang berhijrah dan lain sebagainya. Lalu, saya mencoba meninggalkan celana-celana ketat dan kerudung pendek yang saya punya, saya pun mencoba untuk memakai rok ketika acara penting. Dan Alhamdulillah, percobaan itu menjadi sebuah kebiasaan. Saya menjadi sedikit malu ketika memakai celana (walaupun bukan jeans ketat), saya juga mencoba untuk melebarkan hijab saya dimanapun acara yang sedang saya ikuti.

Tetapi, terkadang iman saya naik turun. Saya sering menyalahkan lingkungan saya karena tidak banyak yang berhijab serta memakai rok agar tidak mengundang syahwat, tetapi pada akhirnya saya menyadari bahwa lingkungan saya tidak salah. Ini semua salah saya yang masih labil, belum bisa memahami arti istiqomah secara mendalam. Saya pun menyadari, manusia memanglah tiada sempurna, tetapi manusia bisa berusaha untuk menjadi hamba yang baik kepada Sang Pencipta.


Penjelasan Hijab


Terkadang saya merasa iri, dengan mereka yang bisa terus berpegang teguh istiqomah dengan prinsip mereka. Namun saya kembali bertanya pada diri saya, mengapa harus iri? Mengapa tidak memulai seperti mereka? Akhirnya saya putuskan untuk mencoba istiqomah dengan hijab syar’i. Walaupun lingkungan saya tidak mendukung, walaupun banyak yang bilang "emang nggak gerah?", dan walaupun banyak yang menyinyir saya, saya akan mencoba untuk stay cool dengan apa yang saya pakai. Karena saya sudah cukup nyaman dengan apa yang saya pakai. Berhijab tidak menakutkan seperti yang kalian kira kok! Jadi, berhijablah walaupun banyak yang mencela kalian :)


Mengapa harus menutup aurat? Perintah Allah ada dalam Q.S Al-Ahzab ayat 59 dan dalam surah-surah lainnya. Walaupun saya sendiri masih tahap mencoba dan belum bisa istiqomah sepenuhnya, saya bangga memakai berhijab dan tetap aktif tanpa terganggu hijab yang saya pakai.
Suatu hari, ada teman saya yang menyarankan saya untuk melepas kerudung di khalayak ramai, saya sempat berpikir untuk meng-iya-kan saran tersebut. Namun, Allah membantuku untuk yang kesekian kalinya lagi. Aku tetap setia dengan hijabku.



Sunday. 04 February 2018

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

INFO DAN TIPS UN

BIODATA