INFO DAN TIPS UN

Hasil gambar untuk ukhti belajar

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh calon orang sukses! :)
Gimana nih kabar kalian? Semoga selalu dalam lindungan Allah yaa, aamiin.


Tahun 2017 udah berlalu nih dan ngga kerasa kita udah nyampe di bulan kedua aja, padahal baru kemarin liat kembang api di langit kan? Jujur aja deh pasti ga nyangka hari-hari berlalu begitu cepat, sama kaya hime nih, masih ngga nyangka aja udah di penghujung masa putih abu-abu yang penuh bimbingan belajar dan saran ini itu buat masuk ke perguruan tinggi. Dan akhirnya hime tersadarkan bahwa sekolah ngga nyampe setengah tahun. Bentar lagi membuka lembaran baru dan hijrah dari sini.

Nah, sebelum kita lanjut kerja ataupun kuliah nanti, hal yang sangat pasti kita lalui pasti ujian kan? Dari SD/MI,SMP/Mts,SMA/SMK pasti kita bakalan ketemu sama yang namanya UJIAN NASIONAL.

Jadi, bagaimana persiapanmu menghadapi UN tahun ini? Sudah siap melaju kah? Atau masih mencicil sebagian materi? Atau masih bingung belajar apa? 
Hime mau ngasih tips belajar nih, biar bisa belajar materi UN tanpa harus SKS (Sistem Kebut Semalam) serta info jadwal UN 2017/2018. 

Sebelum kasih tips, gimana kalo share info jadwal UN dulu? Nih hime kasih update jadwal UN, barangkali bermanfaat dan ada hikmahnya, aamiin.
Oh ya, hime ambil update-an ini dari blog dibawah ini yaa, bisa cek langsung jugaa :) 
(http://infopendidikansdsmpsmasmk.blogspot.co.id/2017/11/rencana-jadwal-un-unbk-us-dan-usbn.html)


Update Jadwal UN 2017/2018 Rapat Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikdbud:

1. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
  • UN SMK : 2 - 5 April 2018
  • UN Susulan : 17 - 18 April 2018
  • Penyerahan hasil UN ke Provinsi : 28 April
  • Pengumuman Hasil UN : 2 Mei 2018
  • USBN SMK : 19 - 21 Maret 2018
  • Susulan USBN : 26 - 28 Maret 2018
  • US : Minggu ke 4 April 2018 

 2. Sekolah Menengah Atas (SMA)
  • UN SMA : 9 - 12 April 2018
  • UN Susulan : 17 - 18 April 2018
  • Penyerahan hasil UN ke Provinsi : 28 April
  • Pengumuman Hasil UN : 2 Mei 2018
  • USBN SMK : 19 - 22 Maret 2018
  • Susulan USBN : 26 - 29 Maret 2018
  • US : Minggu ke 4 Maret 2018 (sesuai Kebijakan cab. dinas pendidikan kab./kota)  

Semoga jadwal ini  membuat hati kita tergoyahkan untuk jauh-jauh dari handphone yaa, aamiin. Nah, untuk tips belajar versi hime cuma ada 3, semoga ada yang bisa diterapin sama kalian yaaa :)


TIPS BELAJAR versi hime :
1. Rangkum semua materi dari buku-buku tebalmu!
    Tak bisa dipungkiri bahwa menjelang ujian, buku-buku yang harus dipelajari begitu banyaknya. Karena banyaknya buku yang akan dipelajari, malah membuat hawa mengantuk yang sangat menggoda. Nah, metode rangkuman ini merupakan satu hal yang sangat hime sukai, cobalah mengingat dengan menulis kembali secara singkat materi yang telah dipelajari. 

2. Mulailah belajar dari materi paling sulit!
      Mengapa materi paling sulit? Karena yang mudah akan terkalahkan oleh yang sulit, eaaa baper wkwkwk. Eh serius loh, kalau materi paling sulit bisa kamu taklukan, materi mudah terlihat sangat mudah kan? Cobalah dan mulailah :)

3. Belajar di tempat yang kamu sukai!
   Tempat yang kamu sukai di kantin? Pergilah ke kantin dengan membawa buku dan rangkumanmu. Karena tempat yang kamu sukai pasti akan membuat ketenangan tersendiri bagi dirimu. Dan tentunya akan menambah semangat belajarmu. 


Gimana? Udah mulai semangat belajar belum? Kalau belum, ingat-ingat aja jadwal UN yang barusan kalian baca lalu renungkan. Dari skala 1-100, di skala berapa kesiapanmu menghadapi ujian yang datang menanti? Ingat juga bahwa Februari hanya 28 hari, dan orang tua sudah menanti kesuksesanmu! Jangan lupa berkutat dengan doa disetiap sujudmu yaaa! 
Semoga kalian mengambil hikmah dari postingan ini!


Akhir kata, selamat berjuang!
Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh :)






Sunday, 04 February 2018

Komentar

  1. Masalahnya.. buat ngeringkes materi tuh dap banget wkwk kasi tips dong biar ngga mager

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat telapak tanganmu, ada garis berbentuk M kan? mengingatkan tentang kematian :) so, jangan mager. rangkum pelajaran dari contoh soal ujian tahun sebelumnya, ambil pokok-pokok penting. semuanya kembali ke niat :)

      Hapus
    2. Tapi sist, garis" di telapak tangan aku tydack seperti membentuk huruf M wkwk.. di jelang" kan udah dirangkum sist

      Hapus
    3. di telapak tanganku jg ga mbentuk wkwk
      nah itu sist, di jelang-jelang rangkuman materinya kan belum sama rangkuman soal-soal. jadi kalo abis ngerjain soal-soal trs di luar materi, ngerjain soal-soal baru dan dapet ilmu baru, kan bisa langsung otw ngerangkum gituuu. mwheheheheee

      Hapus
  2. sudah dilakukan kah? bgmn hasilnya? wkwkk

    BalasHapus
  3. alhamdulillah, masih proses juga hehe. doain aja :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tema : Seribu Kisah Blogger Syar'i yang tetap Cool

BIODATA